Rabu, 03 Februari 2010

TIPS MUDAH MERAKIT PC

Biasanya Kita merakit Komputer dalam sebuah PC jarang memperhatikan keamanan PC kita sendiri maka sebelum terjadi kerusakan terhadap PC kamu, saya mempunyai tips yang mudah merakit PC dan kamu bisa lakukan di rumah kamu atau sama teman kamu.


Ada beberapa tips mudah merakit PC yang perlu diperhatikan supaya pada saat merakit PC tidak ada kesalahan. Tips mudah Merakit PC, yaitu :
  • Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan jatuh keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui/komponen-komponen dalam PC, lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah hubungan pendek (short contact) dan rusaklah hasil rakitan kita.
  • Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki pin proseseor yang ada termasuk chipset. karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. untuk mencegah hal ini kita harus meng-ground kan tubuh kita dengan cara memegang casing saat power telah dihidupkan atau dengan memakai gelang anti statis.
  • Pada setiap tahap perakitan sebelum menambah komponen yang baru, power supply harus dimatikan/dinonaktifkan. memasang komponen pada saat power supply hidup akan merusak komponen yang akan dipasang dan juga hasil rakitan kita.
  • Jangan Lupa untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.


Untuk merakit komputer dalam sebuah PC sebaiknya perlu ada tahapan prosesnya jangan asal-asal. jika kamu ingin tahu tahapan proses perakitan komputer, saya akan memberikan kamu tahapannya. yaitu terdiri dari :
  1. Penyiapan Motherboard atau Mainboard,
  2. Memasang Prosessor,
  3. Memasang Heatsink,
  4. Memasang Modul Memori atau yang kita sering sebut dengan RAM,
  5. Memasang Motherboard pada Casing,
  6. Memasang Kabel Motherboard dan Casing,
  7. Memasang Drive,
  8. Memasang Card Adapter,
  9. Penyelesaian Akhir
  10. Pengujian


Saya mohon maaf, jika diatas hanya sekedar tahapan prosesnya saja. Saya akan meng-Update lagi disertakan dengan keterangannya.


♫ Terima Kasih ♫

1 komentar:

mutaqin mengatakan...

wah blum lengkap artikelnya...
tlong lengkapin...

Posting Komentar

About this blog

♫ Blog yang dibuat hanya untuk menambah ilmu bagi semua orang

Pendapat Anda dengan isi Blog saya?

Twitter Updates

    follow me on Twitter